KODE-4

Wednesday, May 9, 2007

Kompetisi Jurnalistik Ashoka Media dan Kewirausahaan untuk Indonesia yang Lebih Baik

Pendidikan Mahal? Degradasi Lingkungan? Korupsi yang sudah sedemikian mengakar? Diskriminasi terhadap transeksual? Terbatasnya akses para difable? Populasi ODHA/OHIDA yang semakin tinggi? Konflik horizontal yang seperti tiada habisnya?

Ambil peran serta Anda dengan menulis bagaimana Kewirausahawaan Sosial menawarkan solusi dari masalah sosial sistemik tersebut!

Sebagai bentuk apresiasi terhadap jurnalis untuk meningkatkan peran media dalam menyebarkan konsep Kewirausahaan Sosial, Ashoka bersama para pendukungnya mengundang rekan jurnalis untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Jurnalistik. Penghargaan ini mengangkat tema "Media dan Kewirausahaan untuk Indonesia yang Lebih Baik" Siapa yang bisa mendaftar?

Kompetisi ini diperuntukkan bagi jurnalis media cetak dan online baik yang terafiliasi dengan institusi media ataupun jurnalis free lance. Setiap karya harus pernah dipublikasikan atau disiarkan antara 1 Maret - 31 Oktober 2007.

Bagaimana cara berpartisipasi? Artikel dikirim dalam bentuk kliping atau scan dari media massa yang memuatnya. Khusus untuk media online, peserta harus mengirim karya berupa print out berita yang dimaksud yang di-copy langsung dari situs beritanya atau dalam bentuk cd. Tulisan yang dikirim harus masih dalam format HTML,
dilengkapi alamat situs yang memuat karya dan url-nya. Seorang redaktur media online yang bersangkutan juga diminta untuk memuat pernyataan bahwa karya yang dikirimkan memang pernah dimuat di media itu. Peserta wajib mencantumkan hari dan tanggal pemuatan artikel.

Kirimkan formulir yang sudah diisi dengan lengkap dan benar beserta karya jurnalistik yang akan dikompetisikan ke Sekretariat Ashoka.

Aturan Kompetisi:

  1. Setiap jurnalis media cetak/online dapat ikut berkompetisi. Peserta adalah jurnalis yang bekerja di media massa secara permanen ataupun jurnalis free lance. Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan di media massa yang bersifat umum
  2. Semua karya peserta harus pernah dipublikasikan pada media massa umum pada periode waktu antara Maret-Oktober 31, 2007.
  3. Seluruh peserta harus mengirimkan karya yang orisinal. Panitia tidak menerima bentuk karya jurnalistik yang menyadur ataupun menjiplak karya orang lain.
  4. Satu hasil karya jurnalistik hanya dapat mencantumkan satu nama jurnalis.
  5. Seluruh karya yang masuk tidak akan dikembalikan dan menjadi hak Ashoka.
  6. Tim juri independen terdiri dari tiga orang pengamat media serta pakar kewirausahaan sosial.
  7. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Juri memiliki hak untuk menolak karya yang dianggap tidak memenuhi persyaratan. Juri juga berhak menarik kembali penghargaan.
  8. Batas waktu pendaftaran dan penyerahan karya pada tanggal 31 Oktober 2007. Naskah diserahkan ke Sekretariat Ashoka.

Pemenang akan diumumkan tanggal 1 Desember 2007. Tiga karya terbaik mendapatkan hadiah berupa:

Juara 1: Kunjungan ke salah satu negara Eropa untuk menghadiri pertemuan tahunan Ashoka

Juara 2: Lap Top

Juara 3: Kamera Digital

Penilaian mencakup:

· Orisinalitas ide

· Kadar informasi dan manfaat bagi pembaca

· Penguasaan masalah

· Kuat lemahnya data, fakta, angka, argumentasi, analisis, ilustrasi, ukti, dll yang mendukung suatu pendapat atau pernyataan

· Penguasaan konsep kewirausahaan sosial (ide inovatif yang berdampak sosial serta pribadi yang kreatif dan beretika)

· Relevansi kewirausahaan sosial dan konteks permasalahan sosial di Indonesia

· Formulir dapat diperoleh via online di www.ashoka.or. id atau via sekretariat. Untuk iinformasi lebih lengkap, hubungi Oda di Sekretariat Ashoka Telp/Fax. 62-22-7300955- Indonesia, Email.
ashokaindonesia@ bdg.centrin. net.id

· Terima kasih atas perhatian teman-teman media untuk turut serta menjadi bagian dari solusi atas permasalahan sosial di Indonesia.

No comments:

Post a Comment