KODE-4

Wednesday, June 13, 2007

Gus tf: Melintas dari Sudut Kota Kecil

OLEH IVAN ADILLA, staf pengajar Fak Sastra Unand
Guf tf (Payakumbuh, 13 Agustus 1965) adalah penyair, cerpenis dan novelis. Sastrawan dengan nama asli Gustafrizal Busra ini menjalani pendidikan dasar hingga menengah di kota kelahirannya, Payakumbuh. Ia kemudian melanjutkan studi di Fakultas Peternakan Universitas Andalas, dan tamat pada 1994. Ia memutuskan untuk menjalani profesi sebagai pengarang dan menetap di Payakumbuh. Dia sering diundang untuk membacakan sajak-sajaknya di Padang, Jakarta serta beberapa kota lain.

TENTANG GUS TF SAKAI


Gus tf Sakai mungkin adalah sastrawan Indonesia yang “rewel” dan “sulit” apabila ditanya biografinya. Selalu, ia akan balik bertanya, “Sebagai penulis puisi atau prosa?” Ia memang menulis dengan dua nama: Gus tf untuk puisi dan Gus tf Sakai untuk prosa (padahal keduanya tampak seperti tidak berbeda). Tentang dua nama ini, dalam sebuah wawancara di The Jakarta Post ia berkata pendek, “Untuk sugesti, biar keduanya serius pada masing-masingnya.” Lalu, ia akan memberikan biodata terpisah untuk setiap nama, juga sangat pendek.

Dari Kupu-kupu yang Bermimpi Jadi Swang Tse dan Tambo Gus tf Sakai


OLEH FADLILLAH

ADA kehendak untuk melupakan masa lalu pada setiap orang atau bangsa ketika sejarah masa lalu begitu pahit dan tidak disukai. Kemudian kejadian itu akan berlanjut untuk menghadirkan cerita-cerita yang menghibur hati yang terluka, kekecewaan dan kepedihan, hal ini adalah fenomena tragedi patologi sosial. Hadirnya cerita untuk menghibur kekecewaan dan kepedihan adalah dikarenakan ada lara yang hendak dilipur. Dari cerita, ada lara yang dilipur itu, merupakan kehendak untuk lari ke dunia imaji saat didapati realitas begitu buruk dan menyedihkan, persoalan seperti ini adalah realitas yang manusiawi. Jika hal itu terjadi pada diri individu barangkali ia hanya merupakan suatu kasus psikologis, tetapi apabila hal itu terjadi dalam realitas kebudayaan, maka hal ini sudah jadi persoalan tragedi kemanusiaan.

Tragik kemanusiaan ini menjadi problematik dalam novel Tambo (Sebuah Pertemuan) karya Gus tf Sakai, kehadirannya adalah akibat dari sebab yang pada hari ini sudah tersembunyi. Adalah kenyataan yang sulit untuk dijelaskan tentang Rido yang bermimpi jadi Datuk Perpatih Nan Sabatang (Sutan Balun), pada kenyataan itu juga (sama) Datuk Perpatih Nan Sabatang (yang ada dalam mimpi Rido itu) bermimpi menjadi Rido. Sebagaimana Swang Tse mengatakan ia bermimpi tentang kupu-kupu dan kemudian selanjutnya ia mengatakan bahwa realitas dirinya adalah mimpi dari kupu-kupu itu, tepatnya; kupu-kupu yang bermimpi jadi Swang Tse, kemudian Swang Tse berpikir dan meyakini bahwa dirinya yang sesungguhnya atau realitas sebenarnya dari dirinya adalah kupu-kupu. Swang Tse berkeyakinan kehidupannya sekarang hanyalah mimpi dari seekor kupu-kupu, karena dirinya sendiri adalah kupu-kupu itu, dan sekarang ia hanya menjalani sebuah mimpi.

Cerita tentang Swang Tse ini ditulis oleh Aart van Zoest dalam bukunya Fiksi dan Nonfiksi dalam Kajian Semiotik, terjemahan Manoekmi Sardjoe, (1990:31). Tidak jauh berbeda persoalan ini juga diungkapkan oleh Hasif Amini dalam tulisannya di jurnal Kalam (4/1995:89,90) dengan judul Seni Baca di Perpustakaan Imajiner Jorge Luis Borges dan (Antara Lain) Sastra Fantasi. Dia mengatakan: "Dalam cerita ’Reruntuhan Melingkar’, seorang rahib pagan tua mendatangi suatu reruntuhan kuil di tengah hutan, demi ’memimpikan’ sesosok anak lelaki yang kelak akan dimasukkannya ke dalam realitas; namun di saat terakhir ketika si anak sudah jadi, mendapatkan wujud fisiknya, rahib itu mulai menyadari bahwa ia juga makhluk ilusi yang diimpikan oleh orang lain…." Borges melalui diskusi atas buku-buku kuno, di mana tak terjadi perpindahan ruang, melainkan perpindahan kognitif yang berlangsung dalam waktu. Borges secara khusus dan berulang, membahas persoalan waktu ini: "memperhadapkan waktu linear yang direkayasa dunia modern, dengan waktu sirkuler (melingkar) yang bersifat mitologis". Hal ini juga barangkali relevan dengan film Vanilla Sky yang disutradarai Cameron Crowe, film yang dirujuk dari film Spanyol berjudul Abre Los Ojos (1997). Fenomena Vanilla Sky adalah fenomena kupu-kupu Swang Tse, yakni tidak berbatasnya imajinasi dan realitas akibat penderitaan yang amat sangat, sebagaimana dimainkan oleh Tom Cruise dan Penelope Cruz.

Sutan Balun (Datuk Perpatih Nan Sabatang) dalam TSP itu mengatakan bagaimana ia bermimpi jadi Rido, Barangkali ini berhubungan dengan pola narasi kupu-kupu yang bermimpi jadi Swang Tse. Kemudian pada bab 14, Alangkah Banyak Diriku, diceritakan tentang Rido yang tetap tidak tahu beda realitas dengan mimpi. Sebelumnya ada pernyataan yang lebih berat dari persoalan itu adalah Rido (Sakai, 2002:18) mengatakan; "Bagiku mimpi, seperti mimpi, dan kenyataan, nyaris tak ada bedanya." Artinya, Rido tidak lagi dapat membedakan dalam hidupnya antara mimpi dengan realitas hidup, antara imajinasi dan realitas hidup. Selanjutnya dalam kalimat yang sama dikatakan bahwa hal itu adalah fenomena kehidupannya; "… Sering aku tak tahu apakah tengah berada dalam mimpi, ataukah tengah dalam kenyataan." Rido meyakini dirinya adalah Sutan Balun atau Datuk Perpatih Nan Sabatang, dia meyakini dirinya banyak, sebagaimana dikemukakan dalam bab 14 Alangkah Banyak Diriku, (Sakai, 2000:100). Jika disamakan dengan Swang Tse, maka Swang Tse yakin dirinya adalah kupu-kupu, dan realitasnya sebagai Swang Tse dalam alam mimpi kupu-kupu. Jika kupu-kupu berhenti bermimpi, maka ia (Swang Tse) yakin akan kembali ke alamnya yang bahagia itu, yakni alam kupu-kupu. Rido juga menunggu lewat si Tukang Kaba hal itu bertahun-tahun dan terus menunggu.

Narasi seperti ini sulit dipahami, tetapi bila ia diletakkan sebagai fenomena metafora atau hakikat kehidupan, maka ia merupakan narasi yang menyembunyikan sesuatu. Dengan demikian akan muncul sesuatu itu, yakni pertanyaan yang sederhana, mengapa hal itu terjadi, dan mengapa begitu? Fenomena Rido tersebut tidak mungkin terjadi begitu saja, ada satu sebab (atau beberapa sebab, banyak sebab) yang mengakibat Rido menjadi suatu fenomena. Adapun perlunya dicari sebab, karena fenomena Rido hanya dianggap sebagai akibat. Tidak mungkin penyebabnya adalah suatu realitas yang menyenangkan dan bahagia, karena jika realitas penyebabnya sesuatu yang baik, menyenangkan, bahagia, maka tentu akan mengakibatkan terjadinya kebaikan dan bahagia, dapat dipahami, serta persoalan menjadi selesai, tidak lagi suatu hal yang problemtis. Fenomena Rido sebagai narasi bukanlah suatu bentuk kebahagiaan, tetapi suatu narasi problematis yang tragis, cerita sedih. Dengan demikian, pada akhirnya fenomena Rido tentu disebabkan oleh suatu penderitaan, sistem yang buruk, kesedihan yang tidak terleraikan, yang menekannya. Ada dua dasar pemikiran untuk mengatakan bahwa fenomena Rido tersebut disebabkan oleh adanya narasi tragik yang terjadi.

Pertama, ketika pertanyaan itu dirujuk kepada pemikiran tulisan Pariaman (Brouwer,1984:228), maka apa yang terjadi pada Rido adalah gejala split of personality, dan memang novel ini pada mulanya berjudul Sakit, tetapi menurut Sakai adanya negosiasi dengan redaksi harian Republika (ketika novel ini akan dimuat bersambung di harian itu, sebelum diterbitkan, ungkapan pengarang kepada penulis) dan penerbit Grasindo, maka novel ini akhirnya berjudul Tambo (Sebuah Pertemuan). Fenomena split of personality ini timbul, menurut Pariaman (Brouwer,1984:202) merupakan reaksi terhadap sistem ganda kehidupan yang terlalu berat untuk dihadapi. Pendapat ini barangkali sejalan dengan cerita tentang Sybil karya Schreiber (2001:489-490), yang juga mengungkapkan bahwa keterpecahan kepribadian karena sistem ganda yang terlalu berat untuk dihadapi. Tetapi fenomena yang dihadirkan di sini di samping akibat sistem ganda yang lebih berat adalah dimungkinkan oleh penindasan kekuasaan dan kehancuran jati diri.

Kedua, dapat dirujuk sebab mengapa Swang Tse meyakini bahwa dunia nyata dirinya adalah kupu-kupu, dan dirinya hanyalah mimpi dari kupu-kupu, dikarenakan ia mengalami penderitaan dan kesedihan yang tidak terleraikan, yakni istri dan anaknya meninggal, ia tidak bisa menerima atau tidak kuat menerima realitas kesedihan itu, di samping selama ini hidupnya memang menderita dan puncaknya adalah kematian istrinya, sehingga ia pada satu kali bermimpi, dalam mimpinya itu ia menjadi kupu-kupu dan berkumpul dengan anak- anak dan istrinya, terbang sebagai kupu-kupu dalam taman bunga yang indah dan bahagia. Ketika ia terbangun, ia yakin bahwa realitas yang sesungguhnya dari dirinya adalah kupu-kupu, dirinya sebagai Swang Tse hanyalah mimpi buruk dari kupu-kupu. Sebuah narasi tragik dari tragedi kehidupan. Fenomena kupu-kupu Swang Tse disebabkan oleh tragik penderitaan, yang pada hakikatnya memungkinkan juga terjadi pada tragik kesedihan dari diri Rido.

Tragik yang terjadi pada Rido sebagai sebab, pertama oleh sistem ganda sosial budaya dan kedua oleh kesedihan dan penderitaan dan ketiga oleh penindasan kekuasaan dan kehancuran jati diri. Pada sebab pertama menurut Pariaman (Brouwer,1984:208) jarang menjadi penyebab utama, ia hanya menjadi landasan sebagai pencetusan. Namun pengaruh yang kuat memang ada pada sistem sosial yang membesarkan seseorang, sistem nilai yang dianut. Rido dibesarkan oleh sistem rumah gadang yang otoritasnya dikuasai oleh nenek tertua dan mamak laki-laki (saudara laki-laki dari ibu) tertua, ia dibesarkan oleh keluarga ibu, sistem membuat ia berjarak dengan ayahnya. Sistem budaya ini memungkinkan untuk tumbuhnya kompleks mother (kompleks ibu) sebagaimana dikatakan Pariaman (Brouwer,1984:215), dan ini terjadi pada Datuk Perpatih Nan Sabatang (Sakai, 2000:69-70). Anak laki-laki dalam sistem sosial Minangkabau setelah akil balig (umur tujuh tahun) harus berpisah dengan ibunya dan tidur di surau, sedangkan masa remajanya dihabiskan di gelanggang, kemudian masa dewasanya di perantauan, ketika berkeluarga ia hanya dapat pulang ke rumah istri pada malam hari (tetapi Rido belum beristri, juga Datuk Perpatih Nan Sabatang), terakhir di masa tua kembali ke surau. Sistem sosial ini yang membuat laki-laki tidak pernah punya kamar pribadi, dalam pengertian lain laki-laki Minangkabau merupakan laki-laki rantau (tidak menetap selalu bepergian). Di samping itu sistem sosial budaya yang dihidupi tersebut bersifat ganda. Pertama, pada satu sisi secara adat tradisi ia dihidupi oleh sistem matrilineal dan di sisi agama ia dihadapkan dengan sistem patrilineal. Kedua, laras Bodi Chaniago dengan laras Koto Piliang mempunyai sistem yang berlawanan, yakni sistem Bodi Chaniago bersistem demokrat dengan Koto Piliang bersistem otokrat. Ketiga, keluarga ayah dengan keluarga ibu, keluarga ibu dengan keluarga istri, yang masing-masing dengan sistem yang berbeda.

Namun pada akhirnya persoalan penyebab bukanlah sesuatu yang pasti, ia akan menunjukkan banyak sebab, dan banyak kemungkinan, dan lebih banyak hal baru yang dapat ditemukan dan dipahami. Sebagai novel ia memang akan membukakan pemikiran ke arah itu, mendorong orang untuk bertualang dalam dunia kemungkinan dan dunia mungkin. Ada fenomena cerita dari dua tokoh yang saling bermimpi lebih merupakan persoalan yang lebih memungkinkan banyak alternatif yang akan ditemukan. Paling tidak ada fenomena tokoh yang ganda, dalam pengertian lain juga suatu fenomena berkepribadian ganda, suatu fenomena tokoh yang tidak terintegrasi dalam satu kepribadian, terbelah berserpihan menjadi banyak kepribadian, banyak cerita. Hakikat yang dihadirkannya adalah persoalan identitas jati diri yang hancur, tepatnya persoalan eksistensi yang berserakan.

Persoalan hakikat jati diri ini, atau eksistensi, persoalan apakah Rido yang bermimpi jadi Sutan Balun (Datuk Perpatih Nan Sabatang), atau apakah Sutan Balun (Datuk Perpatih Nan Sabatang) yang bermimpi jadi Rido. Akan tetapi ketika hal ini dibawakan kepada filosofi Buddha, maka ia merupakan kupu-kupu yang bermimpi menjadi Swang Tse, karena pada sisi lain Adityawarman dalam rujukan sejarah merupakan penganut Buddha Bhairawa, dan Minangkabau sebelum Islam adalah bangsa yang beragama Hindu Buddha. Filosofi Swang Tse juga akan berhubungan dengan hakikat reinkarnasi yang sudah hilang di Minangkabau. Persoalan itu tidak berhenti sampai di sini, hal itu hanya rujukan untuk realitas narasi hari ini, karena novel TSP adalah karya sastra dengan kekinian Indonesia, hadir dalam konsep selera estetika multikultural Indonesia. Dalam bahasa pemikiran hari ini, maka TSP berbicara tentang hakikat keterpecahan identitas kepribadian dan ketidakjelasan eksistensi diri manusia Indonesia hari ini dalam konteks banyak bangsa yang tertindas oleh penguasa Indonesia.

Keterpecahan kepribadian atau eksistensi Indonesia hari ini, dan pencarian pada masa lalu, pada narasi mitos, sejarah, dan tradisi, adalah kesia-siaan. Memang realitas itu sudah dilakukan pada masa rezim Soekarno dan rezim Orde Baru, memparadigmakan kebudayaan masa lalu sebagai narasi kebudayaan luhur. Pada satu sisi menjadi membelakangi masa depan dan menghadap ke masa lalu. Kemudian hiduplah kembali neofeodalisme yang tidak lebih kentalnya daripada feodalisme di zaman Kerajaan Singosari, Kediri, Majapahit, Mataram, Sriwijaya, Pagaruyung. Neofeodalisme itu mendapat sambutan yang cocok dengan kebudayaan kapitalisme modern. Pada akhirnya rakyat tetap tertindas, miskin, dan menderita, dan sesudah itu karena dalam ketertindasan, penderitaan, dan kesedihan orang akan lari ke dunia cerita, narasi pelarian (apakah narasi kupu-kupu atau narasi Datuk Perpatih Nan Sabatang), maka lahirlah banyak cerita yang dapat melipur lara. ***

SUMBER KOMPAS, Minggu, 04 Mei 2003

Fadlillah Mahasiswa pascasarjana Kajian Budaya Universitas Udayana,
Denpasar, staf pengajar

SEA Award 2000 untuk Wisran Hadi


Wisran Hadi, salah seorang sastrawan dan dramawan terkemuka Indonesia, tanggal 17-23 September mendatang akan menjadi tamu di Thailand. Ia ditetapkan sebagai penerima penghargaan South East Asia (SEA) Write Award 2000.

"Ternyata untuk sebuah kerja kreatif dan berprestasi tak harus ke Jakarta, di daerah pun bisa. Tempat tidak menentukan, yang menentukan adalah kualitas dari karya dan berkarya tanpa henti," kata Wisran Hadi saat dihubungi Kompas, Selasa (1/8), di Padang.

Wisran Hadi adalah sastrawan dan dramawan urang awak kedua penerima penghargaan SEA Write Award 2000 setelah AA Navis yang menerima penghargaan serupa tahun 1992. SEA Write Award merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Thailand kepada pengarang ASEAN. Tahun 1999, penerima SEA Write Award adalah sastrawan Seno Gumira Adjidarma.

Menurut Wisran, ia mendapatkan penghargaan itu bukan karena buku-buku yang ditulisnya menjadi terbaik, melainkan karena kontinuitas dalam dunia karang-mengarang. Selain itu juga ditentukan oleh latar belakang, kultur pengarang yang tergambar dalam karya-karyanya dan nilai/kualitas sastra yang terdapat dalam karya tersebut.

Wisran Hadi yang dilahirkan di Lapai, Padang, tanggal 20 Juli, 55 tahun lalu, sudah berkecimpung dalam dunia karang-mengarang sejak 26 tahun terakhir, setamat Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta tahun 1974. Karya pertamanya, Gaung, berhasil memenangkan lomba penulisan naskah drama yang dilaksanakan IKJ tahun 1975. Selama 10 tahun kemudian, berturut-turut ia memenangkan lomba penulisan naskah drama. Sampai tahun 2000, lebih 20 naskah dramanya memenangkan perlombaan.

Selain menulis naskah drama, Wisran juga menulis novel dan cerita pendek. Novel berjudul Tamu, selain pernah diterbitkan bersambung di sebuah harian nasional, juga diterbitkan dalam bentuk buku. Novel lain yang telah dibukukan adalah Iman, Empat Sandiwara Orang Melayu, dan Simpang. Akan terbit bulan Agustus 2000 ini novel Orang-orang Belanti.

Cerpen-cerpen Wisran dipublikasikan di media cetak dan telah dibukukan oleh penerbit Malaysia dengan judul Daun-daun Mahoni Gugur Lagi. Di luar itu, ia sudah lebih 10 tahun menjadi dosen tamu di Universitas Andalas, Padang.

Yurnaldi, Kompas, Rabu, 2 Agustus 2000

Wisran Hadi: Dari Perupa ke Teater



OLEH IVAN ADILLA, Fakultas Sastra Unand

Wisran Hadi (Lapai, Padang, 27 Juli 1945) merupakan seniman yang aktif dalam beberapa bidang kesenian, namun karirnya yang menonjol adalah di bidang sastra dan teater. Ia juga dikenal sebagai budayawan.

Wisran Hadi merupakan anak ketiga dari tiga belas bersaudara yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang taat pada agama. Ayahnya, Haji Darwas Idris (Hadi) adalah imam besar mesjid Muhammadiyah, Padang, ahli hadis dan tafsir serta penggagas dan pendiri Fakultas Syariah Universitas Muhammadiyah, Padang. Pendidikan dasar hingga menengah ia jalani di Padang dengan menyelesaikan Sekolah Rakyat, Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Sekolah Guru Agama. setelah itu ia melanjutkan studinya di Akademi Senirupa Indonesia (ASRI) dan tamat pada tahun 1969.Berbagai profesi pernah ia jalani, seluruhnya berkait dengan dunia pendidikan dan jurnalistik. Tamat dari ASRI, ia menjadi guru di Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) (1970-1971), dan INS Kayu Tanam (1971-1978). Setelah itu ia bekerja sebagai staf redaksi HarianSinggalang (1979-1983), Sekretaris Eksekutif dan dosen di Akademi Pariwisata Bunda, Padang (1983-1985), dosen luar biasa Fakultas Sastra Universitas Andalas (1985-1995), dan redaktur majalah kebudayaan Minangkabau Limbago (1987-1989) , serta dosen luar biasa Fakultas Sastra Universitas Bung Hatta (1996-1998). Tahun 1997-2001, ia merintis dan menjadi dosen luar biasa di Fakultas Pertanian Universitas Andalas untuk mata kuliah Adat dan Kebudayaan Minangkabau, sebuah mata kuliah muatan lokal yang diharapkan memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang masyarakat dan kebudayaan Minangkabau. Pada Mei 2001 diundang sebagai Ahli Panel Penilai Luar dan sejak Juli 2001 hingga sekarang sebagai Pensyarah di Akademi Seni Kebangsaan Malaysia di Kuala Lumpur. Sembari mengajar ia juga terlibat sebagai penata artistik dan sutradara beberapa pementasan serta memberikan workshop untuk teater modern di berbagai negara bagian di Malaysia.

Wisran Hadi telah menerima berbagai penghargaan dan beasiswa atas prestasinya sebagai sastrawan dan teaterawan. Di antara penghargaan yang telah diraihnya adalah SEA Write Award , peghargaan sastra tertinggi untuk Asia Tengrara dari Raja Thailand, (2000), International Writing Program di The University of Iowa, Iowa City, Amerika Serikat (1977-1978), Observasi teater Modern di New York atas sponsor Asian Cultural Council (1978). Sponsor yang sama mengundangnya melakukan Studi Perbandingan Teater Modern Amerika dan Jepang (1986-1987), Penghargaan Penulisan Sastra dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (1991).

Karirnya di bidang seni dimulai dari bidang seni rupa, saat ia melanjutkan studi di Akademi Senirupa Indonesia (ASRI), Yogyakarta. Sejak mahasiswa ia mengikuti pameran bersama di Malang (1967), Surakarta (1968) dan Taman Ismail Marzuki (1969). Setamat dari ASRI ia kembali ke Padang dan melanjutkan karirnya sebagai perupa dengan menggelar beberapa pameran yang diselenggarakan di Padang (1970; 1971; 1973; 1975). Beberapa iven senirupa yang pernah diikutinya dalah Pameran Perupa Sumatra Barat (Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 1976), Pameran Pelukis Sumatra (Balai Budaya dan Taman Ismail Marzuki, Jakarta,1976), Bienalle Perupa Indonesia (Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 1976), Pameran Lukisan Wisran Hadi (Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, 1976). Karya senirupanya cukup mendapat perhatian sehingga beberapa karya menjadi koleksi Dewan Kesenian Jakarta. Dalam kapasitasnya sebagai perupa, Wisran beberapa kali terlibat sebagai penata artistik untuk beberapa pementasan. Di antaranya, pementasan Bagindo Aziz Chan karya Chairul Harun (1972), drama-tari Malin Kundang karya Hurijah Adam (1972), dan Angun Nan Tongga karya A. Chaniago HR (1973). Ia juga merancang desain untuk monumen Bangindo Azis Chan (Padang, 1973), Relief Perjuangan Kemerdekaan (Bukittinggi, 1974) serta disain sampul untuk buku puisi Siul (Abrar Yusra, 1975) dan Paco-Paco (Hamid Jabbar, 1975).

Pada periode selanjutnya Wisran Hadi memfokuskan kegiatan di bidang teater dan sastra. Pengenalan Wisran Hadi dengan teater bermula dari pergaulan dan perkenalannya dengan Putu Wijaya, Arifin C.Noer, Abdul Hadi WM, Chairul Umam dan Rendra yang merupakan para penggiat dan anggota kelompok teater mahasiswa di Yogyakarta. Bekal itu kemudian dikembangkannya saat membimbing siswa SSRI untuk menyiapkan sebuah pementasan dalam rangka kegiatan sekolah. Setelah itu ia bergabung dengan Bengkel Teater Padang (1972-1973), Study Teater Padang (1973-1974), dan Teater Padang (1974-1975). Pada 10 November 1975, Wisran Hadi dan beberapa sastrawan (Hamid Jabbar (alm.), Raudha Thaib, Haris Effendi Thahar, Darman Moenir, A. Alin De dan Herisman Is) mendirikan Bumi Teater, yang kegiatannya mencakup bidang sastra, senirupa, teater dan musik. Hingga saat ini Wisran Hadi merupakan pimpinan, sutradara dan penata artistik di grup tersebut. Bersama Bumi Tetaer, Wisran Hadi telah melakukan pertunjukan di berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara tetangga, seperti Padang, Medan, Jakarta, Yogyakarta, dan Kuala Lumpur. Sepanjang 28 tahun bersama Bumi Teater, setidaknya Wisran Hadi telah menyutradarai 30 pertunjukan teater yang dipentaskan grup tersebut, sehingga Bumi Teater sering didentikkan dengan Wisran Hadi.

Di bawah asuhan Wisran Hadi, Bumi Teater tumbuh sebagai kelompok yang diperhitungkan dan disegani di panggung teater Indonesia. Bumi Teater merupakan grup teater tertua di luar Jawa yang masih aktif dan selalu diundang untuk tampil dalam berbagai iven teater di Indonesia. Karya penyutradaraan Wisran Hadi mendapat perhatian dari banyak pengamat dan pencinta teater Indonesia, sehingga ia sering diundang untuk menyampaikan pikiran dan pandangannya dalam berbagai forum teater. Untuk pementasan yang disutradarainya, Wisran Hadi mengeksplorasi aneka khazanah budaya dan filsafat masyarakat Minangkabau menjadi pertunjukan modern. Ia memanfaatkan dan mengolah kembali berbagai konsepsi dalam permainan randai, indang, selawat dulang, mainan buaian kaliang (komedi putar) hingga musik talempong, genggong dan tasa. Ia juga mengembangkan konsep filsafat Minangkabau tentang posisi dan peran manusia sebagai dasar pengolahan peran di panggung teater modern. Konsep penyutradaraannya diformulasikan dalam bentuk esei yang disampaikan dalam Forum Pertemuan Teater 1986 di Padang dengan judul ‘Teater Demokratik, Pembicaraan Awal Sebuah Konsepsi'. Esei itu merupakan sumbangan berharga terhadap perkembangan konsep teater di Indonesia. Konsep itu merupakan sumbangan berharga yang disampaikannya dalam sebuah makalah merupakan sumbangan pikiran yang berharga dalam perkembangan teater di Indonesia.

Di antara hal yang menonjol dari karya teater Wisran Hadi adalah pilihannya terhadap bentuk simbolik, permainan grouping dan konsistensinya mempertahankan etika keagamaan dalam setiap pementasan. Latar belakang pengetahuan dan pengalamannya sebagai perupa memberikan sumbangan besar dalam melakukan berbagai alternatif untuk teater simbolik yang dikembangkan Wisran Hadi. Pilihan itu sekaligus memungkinkan ia secara konsisten mempertahankan etika keagamaan dengan menghindari adegan-adegan yang dianggap tabu atau tidak sesuai dengan etika agama (Islam) dan mengubahnya ke dalam bentuk simbolik. Pilihannya terhadap permainan grouping merupakan pengembangan dari konsep randai yang dipandangnya sebagai bentuk teater demokratik. Namun pilihan itu juga dikritik oleh beberapa kalangan karena dianggap tidak mampu melahirkan aktor yang kuat.

Beberapa pementasan yang disutradarai Wisran Hadi mendapat komentar yang luas dari berbagai kalangan karena dianggap kontroversial. Pertunjukan Imam Bonjol (Padang, 1982 dan Jakarta, 1995) mendapat komentar dari budayawan, pengamat seni, sejarawan hingga pemerintah daerah yang disampaikan di berbagai media massa dan forum diskusi. Setidaknya terdapat 40 komentar terhadap pertunjukan tersebut, merupakan jumlah yang besar untuk sebuah sebuah pertunjukan teater. Pementasan lain yang juga dipandang menimbulkan kontroversi adalah Puti Bungsu (1978), Dara Jingga (1984), Senandung Semenanjung (1986), sedangkan pementasan Mandi Angin (1999) dipuji karena memberikan alternatif yang menarik dan menyegarkan dengan memanfaatkan komedi putar untuk pementasan teater. Selain aktif dengan teater modern, Wisran juga terlibat dengan teater tradisional randai. Ia pernah bergabung dengan grup randai Bintang Harapan , Cahaya Baru , dan Muda Sepakat sebagai penasehat dan penulis naskah.

Kecuali pada masa awal karirnya, hampir seluruh pementasan yang disutradarai Wisran Hadi bertolak dari naskah yang ditulisnya sendiri. Wisran Hadi merupakan penulis naskah yang menonjol dan tetap produktif. Hingga saat ini ia telah menulis sekitar 90 naskah drama, daalam bahasa Indonesia dan Minangkabau. Ia satu-satunya penulis yang memenangkan hadiah sayembara penulisan naskah drama Dewan Kesenian jakarta selama 10 tahun berturut-turut, sejak 1975-19..... Hingga saat ini 15 naskah dramanya memenangkan hadiah Sayembara Penulisan Naskah drama......, yaitu....... Hal yang menonjol dari drama-drama Wisran adalah bahasanya yang puitik dan bentuk parodi yang dipilihnhya. Drama-dramanya terakhir memperlihatkan kecenderunganya untuk mempermainkan kata-kata dengan berbgai kemungkinan maknanya. Misalnya Jalan Lurus dan Mandi Angin.

Beberapa penghargaan yan diraihnya, Hadiah buku utaa dari Yayasan IKAPI dan Depatemen Pendidikan nasional untk novel Tamu (1997), Hadiah Buku sastra Terbaik untuk kategori Drama dalam Pertemuan Sastrawan nusantara untuk Jalan Lurus (1997), Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Indonesia untuk naskah Gading Cempaka (1996) dan drama anak-anak Mama Di Mana (1996). Selama sepuluh tahun berturut-turut, antara 1975-1985,, naskah dramanya memenangkan penghargaan Sayembara Penulisan naskah Sandiwara Indonesia yang dilaksanakan Dewan kesesnian Jakarta atas naskah Gaung, Ring, Perguruan, Cindua mato, malin Kundang, Pewaris, Anggun nan Tongga, Peneyberangkan, Senandung Semenanjung, dan Imam Bonjol.

Drama yang terlah diterbitkan menjadi buku: Empat Sandiwara Orang Melayu (Bandung: Angkasa, 2000), Mandi Angin (Padang, Dewan kesenian Sumatra Barat, 1999), Jalan Lurus (Bandung: Angkasa, 1997), Baeram, Kumpla 8 drama Pendek (Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kbudayaaan, 1982), Titian (Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan,1982), Pewaris (Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan,1981), Perantau Pulau Puti (Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan,1981), Anggun Nan Tongga (jakarta: Balai Pustaka, 1982), Puti Bungsu (Jakarta: Pustaka Jaya, 1978). Sejak 1971, hampir 50 naskah dramanya telah dipentaskan. Ia menyutradarai sekitar 20 perteunjukan yang dipentaskan bersama beberapa grup teater dan telah melakukan pertunjukan ke berbagai kota di Indonesia dan negra tetanga. Selain itu ia juga memasuki dunia film sebagai pemain, penulis skenario dan sutrdara. Di antara skenario yang telah difilmkan adalah jangan ada yang terbuang (balai pusat Informasi Pertraian, Padang, 1982), Anggun nan Tongga ( Televisi Republik Indonesia, 1983), Cindua Mato (TVRI, 1998), Empat lakon Perang paderi (TVRI, 2004), juga berbperan sebagai Teman harun dalam Titian Seranbut dibelah lTujuh, (Sutadara Chairul Umum, 1982). Dam Bujang Se;aat. Film dkomenter Cindu mato (sutradara, Khaterine Sternger Fry, Ketty Production, Canada, 1985).

Selain menulis drama, wisran juga menulis puisi, cerita pendek dan novel. Puisinya dikumpulkan dalam Simalakama (Ruang Pendidik INS, Kayu Tanam, 1975). Cerita pendeknya dipublikasi pada Harian Singgalang, Kompas, Media Indonesia, Republika, dan majalah sastra Horison (Jakarta) serta majalah kebudayaan Minangkabau Limbago (Padang). Kumpulan cerpennya yang telah terbit, Daun-Daun Mahoni Gugur Lagi ( Fajar Bhakti Sdn Bhd. Kuala Lumpur,1998), Guru Berkepala Tiga (Balai Pustaka, Jakarta), serta dalam antologi Pembisik (Penerbit Republika, jakarta). Beberapa novelnya juga telah diterbitkan. Novel pertamanya, Tamu (Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 1996) meraih penghargaan dari Yayasan Buku Utama. Novelnya yang lain adalah Orang-Orang Blanti (Yayasan Citra Budaya Indonesia, Padang), Negeri Perempuan (Pustaka Firdaus, jakarta), Imam (Pustaka Firdaus, Jakarta). Dari Tanah Tepi (diterbitkan secara bersambung pada Harian Singggalang 15 Maret -20 Mei 1998). Novel WH memiliki corak penceritaan yang tidak banyak dilakukan pengarang lain. Iman dan Orang-orang Blanti mengambil pola biografi dan catatan harian yang bercampur baur dengan bentuk penulisan karya ilmiah. Wisran merupakan sedikit dari sastrawan yang mampu menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Tuulisannya dalam bahasa Minangkabau berupa kisah serial bertajuk Jilatang, dipublikasi dalam bentuk kolom di harian Padang Ekspress. Selain itu ia juga menulis beberapa naskah randai berbahasa Minang.

Wisran Hadi juga dikenal sebagai pemikir kebudayaan dengan pikiran yang bernas dan kritik yang lugas. Sebagai pemikir budaya, ia sering diundang menyampaikan makalah tentang masalah kebudayaan dan seni di berbagai forum di jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Kuala Lumpur. Pemikirannya tentang kebudayaan juga dilahirkan dalam bentuk esei dan artikel yang dimuat di berbagai media massa dan majalah.***

Wisran Hadi: Sumatera Barat Tak Pernah Kekurangan Penulis

Namanya terpilih sebagai salah satu seniman yang memenangkan penghargaan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Penulis prosa berdarah Minang ini adalah salah satu seniman yang konsisten berkarya hingga hari tuanya.

Ketika menerima penghargaan tersebut pada Kongres Kebudayaan V beberapa waktu lalu, Wisran Hadi tak bisa menyembunyikan perasaannya yang berbunga-bunga. ”Saya bangga sekali. Terlepaslah bagaimana penghargaan itu dan siapa yang memberikannya,” tuturnya.

Penghargaan lain yang pernah diterimanya datang dari Kerajaan Thailand berupa South East Asia Write Award tahun 2000. Ia menjadi penulis Minang kedua yang mendapatkan hadiah bergengsi itu setelah A.A. Navis pada tahun 1992.

Menjadi penulis mungkin telah menjadi suratan nasibnya. Dalam hal ini, ayahnya memberi pengaruh yang besar. ”Ayah saya, Darwas Idris, adalah seorang ulama dan konon pada masa itu dia seorang ahli hadits dari dua ahli hadits yang ada di Indonesia. Yang satu ahli hadits ada di Ponorogo,” katanya.

Waktu masuk Sekolah Guru Agama (SGA)– setaraf SMA, Wisran sudah diwajibkan membaca buku-buku yang bahkan belum sesuai dengan alam pikirannya. Bahkan, waktu di SMP kelas satu, dia sudah disuruh untuk membaca Injil, membaca Taurat, padahal ayahnya ulama. ”Saya tanya kenapa saya disuruh membaca itu, dijawab ayah saya, ‘supaya kamu tahu’,” kenang penulis kelahiran Padang, 27 Juli 1945.

Selain itu, dia diberi juga buku tentang aliran Muktazillah, aliran filosofis Islam. Banyak sekali dibacanya buku semacam itu, sehingga bagi Wisran, terasa sangat berpengaruh buat dirinya.

Namun, prinsip agama sangat kuat di kalangan masyarakat Minang. Sebagaimana filosofi, adat bersendikan syarak dan syarak bersendikan kitab Allah. Kitab Alqur’an memang menjadi sandaran hidup buat masyarakat yang ada di Padang termasuk kehidupan Wisran Hadi dan keluarganya.

Novel Tertunda

Saat ini, Wisran sedang menulis tiga novel. Namun, penulisannya bagai jalan di tempat. Ada yang masih tiga puluh halaman, ada pula yang lima puluh. Aktivitas mengajar serta daya tahan tubuhnya yang kian lemah menjadi salah satu faktor penyebab. Lagi pula, pekerjaan menulis yang tertunda, menurutnya, adalah hal yang biasa.

”Waktu seumur Anda, saya sering bekerja sampai pagi,” katanya. Saat ditanya tentang judul karya-karyanya yang belum dipublikasikan itu, dengan tersenyum, penulis drama yang belakangan banyak menulis novel dan cerpen ini kemudian mengatakan bahwa dia masih belum bersedia menyebutkan judul karyanya.

Wisran pernah menulis kumpulan naskah drama berjudul Empat Orang Melayu berisi empat naskah drama: ”Senandung Semenanjung”, ”Dara Jingga”, ”Gading Cempaka”, dan ”Cindua Mato” (yang membuatnya mendapat penghargaan South East Asia (SEA) Write Award 2000.

Novelnya yang pernah dibukukan antara lain berjudul Tamu, Iman, Empat Sandiwara Orang Melayu, dan Simpang. Cerpen-cerpennya kerap dipublikasikan di media cetak dan dibukukan penerbit Malaysia berjudul Daun-daun Mahoni Gugur Lagi.

Tamatan Akademi Seni Rupa Indonesia (kini Institut Seni Indonesia) Yogyakarta, 12 naskah dramanya pernah memenangkan Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Indonesia yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dari 1976 hingga 1998, ikut International Writing Program di Iowa University, Iowa, USA pada tahun 1977 dan pernah mengikuti observasi teater modern Amerika pada tahun 1978 dan teater Jepang pada tahun 1987. Dia juga pernah mendapat Hadiah Sastra 1991 dari Pusat Pengembangan Bahasa Depdikbud karena karya buku dramanya Jalan Lurus mendapat Hadiah Sastra 1991 dari Pusat Pengembangan Bahasa Depdikbud dan dijadikan buku drama terbaik pada Pertemuan Sastrawan Nusantara 1997.

Karyanya dikenal sangat kritis termasuk dalam menulis tentang permasalahan budaya dalam masyarakatnya. Misalnya saja ketika dia mengangkat secara kritis karya dramanya yang berjudul Cindua Mato yang menggambarkan tentang figur Bundo Kanduang sebagai figur agung masyarakat Minangkabau atau juga karyanya drama yang lain Tuanku Imam Bonjol dengan sisi kepahlawanan dan kelemahannya. ”Saya lebih suka mengangkat yang bersifat perenungan dan kontemplasi saya daripada sekadar karya bertema politik dan sosial yang hanya fenomena sesaat saja,” ujarnya.

Wacana dan Generasi Baru

Sumatera Barat pernah menjadi sumber penulis pada masa kejayaan Balai Pustaka. Ketika kini, jarang terdengar sastrawan dari Minang yang berkiprah di khazanah sastra nasional, muncul pendapat bahwa jumlahnya memang telah menurun.

Wisran Hadi tak sepakat dengan pendapat semacam itu. Ia mengatakan tidak relevan membandingkan dua masa yang berbeda itu. ”Kalau ditanya apa yang dikerjakan oleh orang-orang muda sekarang, banyak buku yang terbit sekarang, termasuk buku-buku sastra. Tapi kalau ada orang tua yang menuding tentang apa yang dilakukan oleh orang muda itu, kan mereka tidak pernah baca karya para pengarang baru itu?” ujar Wisran.

Dia juga menuding pers. Kenapa banyak orang pers yang tidak mau mengangkat para pengarang muda usia itu? Dalam pandangan Wisran, mungkin di kalangan orang-orang muda di bidang pers sendiri, ada semacam persaingan di bawah sadarnya dengan orang-orang muda lainnya. ”Apalagi si sastrawan itu orang muda yang nyentrik, yang akhirnya tidak disenangi oleh wartawan,” tegas lelaki yang menjadi dosen tamu di Universitas Andalas Padang itu.

Tapi dia tidak meragukan pola wacana yang ada saat ini, karena baginya semua generasi di dunia begitu saat ini, terutama di negara-negara berkembang. Dia bahkan tidak melihat adanya penurunan pada kualitas wacana generasi saat ini, hanya memang ada perubahan. ”Itu tugas pengamat atau jurnalis, untuk melihat mereka yang bermutu, lalu hilang dan tidak dipublikasikan selama ini,” tudingnya kepada SH.

Dia kemudian bercerita ada sastrawan pendahulu yang mengatakan bahwa penulis pada angkatan 2003 ini tidak sama dengan masa lalu. ”Wah kok sastrawan saat ini tidak seperti Hamka. Lain dong, Hamka ya Hamka,” ujarnya.

Penulis saat ini, dari Sumatera Barat saja contohnya, yang dilihatnya menonjol dari generasi belakangan mulai dari Gus TF Sakai, Darman Munir, Khairul Jasmi dan banyak lagi. Mereka, generasi pendahulu yang tidak baca, langsung menghakimi akhirnya melihat generasi sekarang mengalami krisis kualitas dan kuantitas.

Untuk memiliki kebijakan, saat ditanya kenapa dia tidak ikut ambil bagian saja di dalam struktural seni dan kebudayaan, Wisran malah mengatakan, ”Tidak diterima, tak cuma di lembaga seni, saya bahkan sudah berniat jadi gubernur, tapi orang tak ada yang pilih saya. Kerja di pemerintahan, saya kan pengen juga seperti pejabat-pejabat tinggi itu, pakai mobil negara,” ujarnya, dengan nada satir.

Yang penting, sarannya, di dalam sastra jangan ada pikiran politik. Regenerasi, baginya, adalah pikiran politik. Di dalam sastra, seni dan budaya, tak ada yang namanya regenerasi. Tak perlu ada yang memperhatikan generasi muda, karena dirinya sendiri tak ada yang perhatikan. ”Kalau media atau publik itu perlu perhatikan generasi muda,” tambahnya.

Sastrawan dan Selebriti

Wisran kemudian mengkritik tema seksualitas yang diangkat oleh para pengarang muda saat ini. ”Apa bedanya dengan pornografi. Oh, dia anggap dia berani mengungkapkan tentang hal itu. Masak persoalan tentang lelaki dan perempuan diungkapkan, sedangkan dari nabi Adam juga demikian, persoalannya kan tidak berubah-ubah juga,” ujar Wisran.

Karena sama persoalannya, dia heran bila hal itu masih diungkapkan. Dengan pembedaan itu, bagi Wisran, bentuk pornografi merangsang sesaat, tapi karya seni merangsang pemikiran-pemikiran kita.

Tentang karya orang-orang yang diangkat pada generasi saat ini, Wisran berkomentar lain. Menurutnya, ini adalah salah satu kerja orang surat kabar, yang selama ini terkesan tidak selektif dalam mempublikasikannya. Selanjutnya, dia mengatakan bahwa pengertian ”selebritis” adalah ”hanya orang-orang bintang film”, dan yang paling banyak digosipkan adalah ”perempuan”. Hal itu, baginya, tetap saja masih dalam kerangka seksualitas. ”Apa pernah masalah selebriti diangkat tentang pemikirannya. Paling-paling kegiatannya yang diangkat, itu bukan pemikiran,” ujar Wisran.

Memang hal itu untuk koran terkesan bagus. Wisran pun mengaku senang melihatnya. Tapi, dengan tanpa wacana, berita tentang mereka di koran, pukul dua belas malam pun sudah hilang dan diganti oleh berita keesokan harinya.

”Nah, bandingkan dengan para pemikir kita yang muda-muda tadi, mungkin pemikirannya salah, mungkin pikiran mereka belum sempurna, kan biasa. Mana ada orang muda yang sempurna. Kenapa buat mereka tidak diberi tempat? Kenapa harus penyanyi dangdut, masalah goyang saja sudah dibuat klasifikasinya sekarang. Bagi bangsa ini untuk apa hal itu?” ujarnya.

Tentang banyak generasi pengarang yang sudah mapan segenerasinya, memanfaatkan fenomena keselebritian seorang sastrawan baru ini, diakui juga oleh Wisran. Mungkin si pelaku mendapatkan manfaat dari pengesahan pada selebriti semacam itu. SUMBER (SH/sihar ramses simatupang)


Kisah Tuanku Imam Bonjol Disinetronkan

Kebiasaan Tuanku Imam Bonjol yang selalu menanyakan anaknya saat pulang dari medan perang paderi merupakan kisah menarik, sehingga Sastrawan Nasional Wisran Hadi mengangkat hal ini dalam sebuah sinetron TV.

"Di balik heroisme Imam Bonjol melawan Belanda, ternyata dari kedalaman hatinya memancarkan cahaya nilai-nilai kemanusiaan yang penuh makna kesucian. Hal ini patut diwarisi para generasi muda selanjutnya," ujar Wisran Hadi pada acara dialog tentang sinetron IMAM BONJOL di TVRI Padang, Kamis.

Sinetron ini, menurut Wisran, akan ditayangkan di TVRI pusat bulan depan. Sesuatu hal yang menarik dari sinetron yang dibuat empat episode ini adalah cahaya nilai-nilai kemanusiaan yang memancar dari seorang ulama besar asal Minangkabau itu.

Sinetron IMAM BONJOL ini bukan menonjolkan adegan `berdarah-darah` namun yang dipertontonkan dari sisi lain seputar perbenturan pemikiran-pemikiran antara kaum agama dan adat di Bonjol, Pasaman dulunya," kata Wisran.

Dalam dialog bertema "Menimbang Empat Lakon Perang Paderi" karya Wisran Hadi yang digelar TVRI dan dimoderatori Kepala Stasiun TVRI Padang Purnama Suardi itu, juga tampil Sejarahwan Nasional Anhar Gonggong, sutradara senior (film) Khairul Umam dan sutradara Televisi Alwi Pamuncak.

Menurut Wisran, agar penampilan sinetron ini dapat ditonton dengan baik, dirinya terpaksa belajar secara intensif tentang Islam dan adat Minangkabau supaya mudah menemukan persoalan-persoalan guna melahirkan dialog-dialog drama dalam rangka memperkaya wawasan.

Wisran tertarik mengangkat kisah Tuanku Imam Bonjol ini, karena selama ini masih belum tergali secara lebih dalam hakekat kepribadian terdalam dari Tuanku Imam Bonjol yang ternyata sangat humanis, selain berkarakter heroisme dan spitualisme.

Karakter humanisme ini, kata Wisran yang juga dosen pada Universitas Kebangsaan Malaysia itu, jelas sekali terlukiskan dalam sejarah, setelah pulang berperang, Tuanku Imam Bonjol selalu menanyakan anak-anaknya.

"Hal ini justru sangat menyentuh perasaan saya karena Tuanku Imam Bonjol memiliki sifat kemanusian yang tingi terhadap keluarganya (anaknya), selain selalu berkuda dengan membawa pedang di medan perang. Hal ini benar-benar gerakan `pedang intelektual`, ujarnya.

Ia menambahkan, kebiasaan pemerintah dulunya, jika seorang pejuang ditangkap penjajah Belanda maka mereka bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional sementara yang lainnya belum tentu.

Anhar Gonggong mengatakan, dalam tayangan sinetron "Mempertimbangkan Empat Lakon Perang Paderi" itu, Wisran terkesan mencari identitas dirinya baik sebagai orang Islam maupun sebagai orang Minang.

"Kunci utama sejarah perang paderi bukan persoalan melawan Belanda, tetapi temuan yang paling penting adalah pergumulan di dalam lingkungan internal antara kaum agama dan adat hingga mudah diadu domba oleh Belanda," katanya.

Sementara itu, yang menarik dalam sinetron itu adalah interprestasi dari sejarah itu yang dilakukan oleh Wisran Hadi, dimana penyebab perpecahan bukan hanya Belanda tetapi muncul juga dari internal kaum agama dan adat itu.

"Kali ini Wisran memang menampilkan sinetron sejarah yang berbeda paling tidak dapat memperluas wawasan terutama dalam upaya menggali makna sejarah itu sendiri," katanya.

Empat Sinopsis Sinetron "Mempertimbangkan Empat Lakon Perang Paderi" yang ditulis Wisran Hadi memuat empat sinopsis, yang mengisahkan tentang Perguruan Tuanku Koto Tuo, Perburuan Tuanku Nan Renceh, Pengakuan Tuanku Imam Bonjol dan Penyebrangan Sultan Abdul Jalil.

Dikisahkan bahwa, Tuanku Nan Renceh adalah tokoh penting dalam sejarah Perang Paderi yang terkenal dengan sosok yang teguh dan keras dalam menjalankan agama dan menjadi pemimpin Harimau Nan Salapan himpunan dari delapan perguruan yang terkenal.

Karena tidak berhasil ditangkap Belanda, lalu Belanda memberikan informasi yang keliru terhadap tokoh besar itu seperti bahwa Tuanku Nan Renceh telah membunuh saudara ibunya karena tidak mau dilarang makan sirih.

Pencatatan sejarah yang keliru itu telah menyebabkan seorang pemuda berusaha menyelami kehidupan Tuanku Nan Renceh, tetapi pada akhirnya ia terseret dan tersesat dalam sejarah hingga harus menanggung resiko dalam kesesatannya.

Sinopsis Pengakuan Tuanku Imam Bonjol, dimana perjuangannya yang panjang penuh heroisme, berakhir dengan penghianatan Belanda yang berhasil menangkapnya. Ia merupakan cerminan kegigihan seorang pemim pin, ulama dalam menegakkan dan mempertahankan ajaran Islam sekaligus melawan penjajah.

Sementara itu "Penyebrangan Sultan Abdul Jalil" lebih mengisahkan benturan antara Sultan Abdul Jalli yang terpaksa berhadapan dengan adik kandungnya sendiri karena diadu domba Belanda.

Walau Bonjol telah jatuh ke tangan Belanda hingga melumpuhkan pertahanan Paderi di Lintau, namun Sultan Abdul Jalil tetap bertahan pada sebuah Masjid besar yang dibina bersama jamaahnya. (*/dar)

Wisran Hadi



Wisran Hadi (lahir Padang, Sumatra Barat 27 Juli 1945) adalah salah satu seniman/budayawan yang memenangkan penghargaan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia dan beberapa penghargaan dari luar negeri, seperti dari Thailand. Penulis prosa berdarah Minang ini adalah salah satu seniman yang konsisten berkarya hingga hari tuanya.

Wisran pernah menulis kumpulan naskah drama berjudul Empat Orang Melayu berisi empat naskah drama: ”Senandung Semenanjung”, ”Dara Jingga”, ”Gading Cempaka”, dan ”Cindua Mato” (yang membuatnya mendapat penghargaan South East Asia (SEA) Write Award 2000.

Novelnya yang pernah dibukukan antara lain berjudul Tamu, Imam, Empat Sandiwara Orang Melayu, dan Simpang. Cerpen-cerpennya kerap dipublikasikan di media cetak dan dibukukan penerbit Malaysia berjudul Daun-daun Mahoni Gugur Lagi.

Tamatan Akademi Seni Rupa Indonesia (kini Institut Seni Indonesia) Yogyakarta, 12 naskah dramanya pernah memenangkan Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Indonesia yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dari 1976 hingga 1998, ikut International Writing Program di Iowa University, Iowa, ASJepang pada tahun 1987. Dia juga pernah mendapat Hadiah Sastra 1991 dari Pusat Pengembangan Bahasa Depdikbud karena karya buku dramanya Jalan Lurus mendapat Hadiah Sastra 1991 dari Pusat Pengembangan Bahasa Depdikbud dan dijadikan buku drama terbaik pada Pertemuan Sastrawan Nusantara 1997. pada tahun 1977 dan pernah mengikuti observasi teater modern Amerika pada tahun 1978 dan teater

Lomba Desain Perangko PBB

Lomba Desain Perangko PBB Dalam Rangka Memperingati Hari Internasional Pemberantasan Kemiskinan – 17 Oktober 2007

Dalam rangka memperingati Hari Internasional Pemberantasan Kemiskinan (17 Oktober ) dan Satu Dekade “PBB bagi Pemberantasan Kemiskinan” (1997 – 2006), Perserikatan Bangsa-Bangsa mengundang anak-anak dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam lomba desain perangko PBB dengan tema

“We can end Poverty” (Kita Dapat Mengakhiri Kemiskinan)

Lomba ini diselenggarakan oleh Departemen Ekonomi Sosial PBB bekerjasama dengan Departemen Informasi Publik dan Administrasi Pos PBB. Peraturan Lomba

Peserta : Anak-anak usia 5 hingga 15 tahun. Persyaratan : Karya dibuat di atas kertas atau kanvas berukuran A4 atau setara. Alat yang digunakan bebas (tinta, krayon,cat air,dll). Setiap desain disertai keterangan singkat di baliknya mengenai arti desain. Karya tidak perlu dibingkai. Data pribadi dicantumkan di balik karya, berisi : nama lengkap, usia, jenis kelamin, alamat lengkap, negara, no. telepon, no.fax dan alamat e-mail (jika ada) dan nformasi lain yang dianggap perlu untuk kemudahan kontak. Karya desain paling lambat diterima tanggal 12 Juni 2007 dan ditujukan kepada :

Direktur Pos, Ditjen Postel – Depkominfo
Gedung Sapta Pesona Lantai 6, Jl.Merdeka Barat No.17 Jakarta Pusat 10110

Seluruh karya yang diterima akan dikirimkan oleh Ditjen Postel kepada panitia lomba di New York, Amerika Serikat.

Penjurian

Dewan juri terdiri atas anggota-anggota dari Pembangunan dan Kebijakan Sosial PBB, Departemen Informasi Publik PBB, dan Administrasi Pos PBB. Kriteria penilaian adalah kemampuan mengekspresikan tema lomba. Pengumuman Hasil Lomba Hasil seleksi 6 desain terbaik akan diumumkan oleh PBB pada acara Peringatan Hari Internasional Pemberantasan Kemiskinan tanggal 17 Oktober 2007 . Enam (6) desain terbaik yang dipilih oleh Dewan Juri akan ditampilkan pada Peringatan Hari Internasional bagi Pemberantasan Kemiskinan pada tanggal 17 Oktober 2007, dan akan diterbitkan sebagai perangko Administrasi Pos PBB. Dua puluh (20) desain lainnya akan menerima penghargaan khusus. Seluruh hasil karya pemenang (26 buah) akan ditampilkan pada sebuah pameran khusus di Markas Besar PBB di New York.

Sumber : SItus DEPKOMINFO

2007 International Science Poetry Competition

2007 International Science Poetry Competition

June 6, 2007

(For school students, and sponsored by Science Time Educational Consultancy and The Science Education Review.)

Three age group divisions: 9-11, 12-14, and 15+ years of age

Why a Science Poetry Competition?

There are many good reasons for encouraging students to write science poetry. These include:

People can have at least seven different ways to be intelligent, or smart. One can be word smart (read it, write about it, talk about it, listen to it), number/logic smart (calculate it, reason), picture smart (see it, draw it, visualise it, colour it, mind-map it), body smart (build it, act it out, touch it), music smart (sing it, write a poem about it, rap it), people smart (teach it to someone else, learn it in a small group, understand others), and self smart (analyse it, think about it, connect it to your own life, understand yourself). Future successful adults will need to be resourceful and flexible, and use many of these different ways of being smart. For example, there are people who presently earn income by combining science with drama and music, as they make their audiences aware of how scientific discoveries are affecting, or may affect, our lives.

Poetry can help us to be creative. When you write poetry, you need to use your whole brain; both the left side of your brain (e.g., language and logic) and the right side (e.g., visualisation and creativity). These days, many employers are looking for people who can be creative by using their whole brain. We also want our future scientists to be creative problem solvers, and exceptional scientists are those who look at the same things everyone else looks at, but see something different.

The rhyme and rhythm of poetry (and music) can help us to remember things.

For further information about the benefits of using science poetry, and relevant classroom techniques and resources, please click here.

What can be Won?

The author of the winning poem in each age division of this annual competition receives a certificate and an individual trophy. In addition, students whose work is Highly Commended receive a certificate. Depending on entries, there is discretion to also make other awards, such as the best poem from a particular country.

What Needs to be Done?

Post your poem/s or rhyme/s, together with the completed Entry Form, to reach us by July 31, 2007 (which is an extension of the former June 20 date). Include the student name, age (as of the closing date), and school on each poem (possibly on the back). The entry fee of 4.40 AUD (Australian dollars) per poem needs to accompany the Entry Form. There is a minimum fee of 22 AUD per school (not applicable to homeschoolers), but no maximum limit. The entry fees contribute to judging and administration costs, including the posting of certificates.

What Conditions Apply?

Entries must be original, in English, and in hard copy (printed) format only.
Entrants need to be primary or high school students at the time of entry.
Your poem must have something to do with science (e.g., a science experiment, a science idea, or a scientific issue that is important in our lives; even a science teacher!) and should have rhyme and rhythm.

There is no limit to the length of your poem, but short poems can be great.
A student may enter more than one poem.
The judges’ decision is final.
Permission is granted for Science Time to reproduce your entry.
Anything Else?

While receiving an award in this competition will give recipients much satisfaction, there are benefits for you in just trying to write poetry. You will practise a few different ways of being smart, and many entries will be displayed on this Web site for the whole world to see!

The judging process will take into account the skills that could be expected from a student at his/her age. A 9-year-old student, for example, should therefore not be concerned about entering a competition that also includes 11-year-olds.

If you would like some good ideas for writing poetry, the following excellent, inexpensive booklets can help.

I Need a Poem, Mum! Aimed at the primary student, it contains many poems (including science poems) and guidance for writing different types of poetry; couplets, parodies, limericks, story-telling, poetic language, acrostics, haiku, and shape “poems.”

Help! A Handbook for Writers and Performers of Rhymed Verse. Written for a more advanced audience.

Both may be purchased from Carmel Randle, “Splenda Crescent,” M/S 852, Preston, Qld. 4352 Australia (Fax 61-7-46309998 [within Australia 07 4630 9998]). Why not also suggest a copy of each for your school and/or public library?

May I Please Have an Example?

Yes. Click here to view some entries from previous years, plus comments from the adjudicator.

Payment

Payment may be made by credit card or bank draft (e.g., cheque or money order). Bank drafts need to be in Australian dollars (AUD), and payable to Science Time. In addition, payment may be made by electronic funds transfer (EFT) by crediting the following account:

Warwick Credit Union Ltd.
101 Palmerin Street
Warwick Qld 4370
Australia
From Overseas
BSB: 034850
Account Number 205850
Account Name: Eastwell – Science Time
From Within Australia
BSB: 704687
Account Number: 20585
Account Name: Eastwell – Science Time
Reference: Official site: http://www.scienceeducationreview.com/poetcomp.html

IPF’s 2007 Letter Writing Competition

June 6, 2007

Letter can be handwritten or typed and must be in the English language. Maximum of 500 words. One entry allowed for each member. Entries close 31 August 2007. Prozes will be sent to winners in November 2007.

About IPF

Background

International Pen Friends (IPF) was founded in Dublin, Ireland on 7 April 1967 with the vision of giving people of all ages from every country the opportunity to gain penfriends and promote world peace and friendship through sincere letter writing.

On 1 February 2001 our Head Office moved from Ireland to Australia. We continue to be supported by hundreds of thousands of members worldwide, an established network of global representatives and a dedicated Head Office team.

The Fun of Letter Writing

Despite the many forms of communication available today, it is interesting that the most common feedback IPF receives from members is the enjoyment and fun they gain by receiving letters in the mail. It is hard to match the anticipation of waiting for letters to arrive, the stamps, postmarks, fancy writing paper, postcards, photos, tokens of friendship, the time and care people have taken to write the letters, sitting quietly and reading the letters time and time again, and possibly keeping them for many years as part of personal history. It is also better to receive letters in the mail than junk mail and bills!

Julie Delbridge
President
International Pen Friends

PO Box 156
Suffolk Park NSW 2481
Australia
Telephone: + 61 2 6685 4998
Facsimile: + 61 2 6685 4928
International Pen Friends (IPF)
Uniting the World Through Friendship, Fun and the Written Word
Complete information about this competition (the official site): http://members.ozemail.com.au/~penpals/2007comp.html
Official Site: http://www.ipf.net.au/

International Children’s Art Competition

June 6, 2007

To commemorate the International Day for the Eradication of Poverty (October 17th) and the first United Nations Decade for the Eradication of Poverty (1997-2006), the United Nations Department for Economic and Social Affairs, in collaboration with the Department of Public Information and the United Nations Postal Administration is pleased to announce:

AN ART COMPETITION FOR CHILDREN TO DESIGN
A UN STAMP ON THE THEME ‘WE CAN END POVERTY’

INTRODUCTION

As part of the activities to celebrate the International Day for the Eradication of Poverty and the end of the first Decade for the Eradication of Poverty, the Division for Social Policy and Development at the United Nations invites children from all over the world to participate in an art competition on the theme “We can end poverty”.

The best 6 designs selected by the Panel of Judges will be presented during the commemoration of the International Day for the Eradication of Poverty, on 17 October 2007, and will be issued as stamps of the United Nations Postal Administration.

In addition to the best 6 designs, another 20 designs will receive special commendation. The total of 26 winning entries will be displayed in a special exhibition at United Nations Headquarters in New York in 2007.

RULES OF THE COMPETITION

Who can participate? Children from all around the world from age 5 to 15 years.

Requirements for entry The entry should be made on paper or canvas A4 size or comparable. You may use ink, pencil, charcoal, crayon, water colour, marker, or any material that you might have available in your environment. Each design should be accompanied by a brief description of its meaning on the back of the entry. Please do not frame the art work.

Personal information On the back of each entry please provide the following information:

Your full name
Age
Gender
Full address
Country
Telephone number, fax number and e-mail address (if available)
Any other useful contact information.

Selection of designs The 6 best designs will be announced by the United Nations during the commemoration of the International Day for the Eradication of Poverty in October 17, 2007. These 6 best designs will be issues as stamps by the United Nations Postal Administration. In addition, 20 other designs will be awarded special commendations. All 26 designs will be displayed in a special exhibition at the United Nations in 2007.

Judging A Panel of Judges composed of members from the United Nations Division for Social Policy and Development, the United Nations Department of Public Information and the United Nations Postal Administration will decide on the selection of winning entries.

Criteria for evaluation of entries Artistic expression, how well the design expresses the theme of the competition.

Deadline Please send the design, with information requested, as soon as possible, but no later than 30 June 2007 to the following address:

2 United Nations Plaza,
Room DC2-1328

New York, NY 10017
United States of America
Source: UN Website: http://www.un.org/esa/socdev/poverty/art.htm

LOMBA MENULIS ESEI POPULER TENTANG TURKI

LOMBA MENULIS ESEI POPULER TENTANG TURKI

Tema Lomba (pilih salah satu):

“Apa Yang Saya Ketahui Tentang Turki”
“Hubungan Turki-Indonesia”

Ketentuan Lomba:

  • Dibuka untuk peserta usia dibawah 19 tahun, baik pria maupun wanita di seluruh dunia.
  • Ditulis dalam bahasa Indonesia dengan gaya penulisan populer
  • Diketik dengan format Times New Roman font 12, spasi 1.5, di atas kertas berukuran
  • A4 dengan panjang maksimal 5 (lima) halaman
  • Membayar biaya pendaftaran Rp 25.000,00 (sudah termasuk ‘free’ masuk acara Festival Kebudayaan Turki tgl 4-5 Agustus 2007 di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Jakarta, dengan menunjukkan slip bukti transfer yang asli pada saat hari H), ke rekening panitia: Atas Nama : Nurahmawati, Bank: Mandiri KCP Puncak Mas, Jakarta, No. Rekening : 102-00-0417933-6
  • Tulisan dikirim dalam bentuk soft copy ke e-mail panitia Festival Kebudayaan Turki: Discover.Turkey @ hotmail.com (tanpa spasi) selambat-lambatnya diterima tanggal 17 July 2007
  • Kiriman naskah disertai keterangan identitas diri (KTP/Kartu Pelajar), nomor telpon, e-mail, dan tanda bukti/slip pembayaran (apabila naskah dikirim melalui e-mail maka identitas & bukti pembayaran di-scan).
  • Apabila tidak ada keterangan identitas diri + bukti pembayaran, maka naskah dianggap tidak sah.
  • Transfer pembayaran selambat-lambatnya tgl 7 July 2007
  • Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Pengumuman pemenang dilakukan pada hari ke-2 Festival, yaitu Ahad, 5 Agustus 2007, di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Jakarta
  • Pemenang dan finalis yang tidak dapat datang ke acara festival akan dihubungi melalui surat dan hadiahnya dikirim ke alamat masing-masing.

Hadiah:

  • Juara 1,2,3: piala/trofi, sertifikat + paket sponsor.
  • 10 finalis mendapatkan sertifikat & goodie bag sponsor.

Sumber: Milis FLP

LOMBA KARYA TULIS TENTANG TRANSFORMASI ASEAN INTER-PARLIAMENTARY (AIPO)


Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-30 Asean Inter-Parliamentary Organization (AIPO), DPR-RI menyelenggarakan Lomba Karya Tulis.

Tema: “Transformasi ASEAN Inter-Parliamentary Organization (AIPO) menjadi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA)”.

Tuesday, June 12, 2007

Kesadaran Pentingnya Manajemen Seni dalam Berkesenian


OLEH BUDIMAN
Dalam berbagai perhelatan berkesenian apapun bentuknya baik seni rupa, seni suara, seni tari, teater, tradisi, seni musik dan lain sebagainya di daerah Sumbar pada tahun-tahun terakhir ini telah mampu memperlihatkan geliatnya. Pasalnya para penggiat seni banyak berusaha mengusung konteks keseniannya masing-masing dengan intens, namun masih menganut pola berjalan sendiri-sendiri atau bersifat intern kelompok/komunitas seni mereka saja. Artinya yang dilakukan seniman-seniman tersebut baru berada pada tahap presentasi (penampilan) bukan untuk sebuah bargaining position (posisi tawar) pada tahap sosiokultural secara wajar dan dinamis, termasuk sisi kesejahteraan seniman dalam materi sebagai umpan balik dari kegiatan itu.

Sekolah Menengah Seni Rupa (SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang)

Mutiara Sumatra yang Tersia-siakan
OLEH BUDIMAN
Barangkali untuk memulai tulisan ini penulis memberi sebuah ilustrasi tentang Sekolah Menengah Seni Rupa (SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang) adalah sebagai berikut bahwa sekolah ini pernah mencatatkan sejarah dengan sejumlah prestasi yang pernah dipersembahkan oleh para alumninya yang banyak berkibar di seantaro nusantara Indonesia, yang banyak menjadi seniman-seniman besar dan para ahli-ahli kreator seni terdepan.