KODE-4

Friday, August 22, 2014

Festival deBUS Banten 2014

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Sapta Nirwandar  akan membuka  Festival deBUS Banten 2014 yang berlangsung di ka  wasan Mercusuar, Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada 23 Agustus 2014. Festival deBus ini diharapkan menjadi event unggulan pariwisata Provinsi Banten yang memiliki potensi keragaman kreativitas seni dan budaya di antaranya seni pertunjukan debus dan rampak bedug yang sejak lama menjadi ikon pariwisata Banten.

Menparekraf Buka Konferensi Nasional Penyiapan SDM Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu membuka sekaligus menjadi keynote speech  dalam Konferensi Nasional Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata yang Kompeten dan Berdaya Saing dalam Mengantisipasi Implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang berlangsung di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (19/8). 

Monday, April 14, 2014

Cinta Produk Kreatif Indonesia, Kebanggaan Bangsa

Produk Indonesia kian dicintai dan digemari oleh masyarakat Indonesia, salah satu daya tariknya adalah harganya yang terjangkau dengan kualitas bersaing. Hal ini berlaku sebaliknya dibandingkan keadaan sekitar lima tahun lalu, dimana masyarakat lokal lebih menyukai menggunakan produk  dengan brand import, tentunya dengan harga mahal. Keberhasilan produk Indonesia untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri ini merupakan buah keberhasilan program Kenali Negerimu, Cintaimu Negerimu, yang salah satunya digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selanjutnya, gerakan tersebut menjadi salah satu gaya hidup bagi masyarakat, sehingga mereka lebih bangga menggunakan produk lokal.

KUNJUNGAN WISATAWAN MENINGKAT: Persepsi Internasional Terhadap Indonesia Membaik

Berdasarkan hasil sejumlah survei lembaga internasional, persepsi terhadap Indonesia juga mengalami perkembangan positif. Lembaga rating internasional terkemuka seperti Ficth Rating, Rating and Investment Information. Inc, Japan Credit Rating Agency, Standard and Poor’s (S&P), Modys Investor Servise telah menempatkan Indonesia sebagai negara tujuan investasi jangka panjang (investment grade).
Fitch Ratings mengumumkan pada bulan November 2013, memperkuat peringkat Indonesia menjadi BBB-  dengan outlook stabil. Sebelumnya, Oktober 2013 lembaga Rating and Investment Information Inc. juga memberikan penilaian BBB-/ stable outlook. Begitu juga dengan Japan Credit Rating Agency Ltd. pada Juli 2013 memberikan peringkat BBB- with stable outlook untuk Indonesia.

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN: Picu Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan di Atas 10 Persen

ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlaku efektif di akhir tahun 2015 berpotensi untuk mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan ke Indonesia yang kini masih sekitar 9% per tahun menjadi di atas 10%.
“Dengan  diberlakukannya MEA, akan terjadi peningkatan pergerakan manusia di wilayah ASEAN, yang berarti bahwa jumlah wisatawan ke Indonesia dari negara-negara ASEAN akan meningkat juga.  Apalagi dengan adanya rencana pemberlakuan Common Visa untuk ASEAN, akan sangat memudahkan warga asing dari luar ASEAN masuk ke Indonesia, termasuk melalui hub-hub lain seperti Singapura atau Bangkok, maka kita optimistis bahwa akan terjadi akselerasi pariwisata Indonesia”, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu dalam acara Public Seminar and Soft Launching “The ASEAN Economic Community: A Work in Progress”, pada Selasa (18/3/2014) di Jakarta.