KODE-4

Monday, August 13, 2007

Sajak Malaikat yang Kontroversial


Beberapa waktu lalu, karya fiksi berupa puisi yang dimuat lembaran budaya "Khazanah" Pikiran Rakyat, Sabtu, 4 Agustus 2007 karya Saeful Badar berjudul "Malaikat" mendapat soroton dan kecaman keras dari DDII Jawa Barat. Pihak Redaksi Pikiran Rakyat dan penulisnya sendiri sudah meminta maaf secara terbuka.

Sebagai fakta "sejarah" dan mungkin suatu saat berguna, maka saya postingkan di blog saya. Dan ini tak ada maksud apa-apa. Cuma sebagai fakta semata.
Sajak itu dapat diklik di SINI

PIKIRAN RAKYAT, SABTU, 4 AGUSTUS 2007 Sajak- Sajak Saeful Badar

PANTAI CIMANUK, 1

Bersama laut aku ngelangut
Dihempas ombak dan kepak camar
Menyurutkan kabut.

2007

PANTAI CIMANUK, 2

Pecahan kabut mengurai kenanganku
Ke ufuk terjauh dari cintaku

Aku terlelap dalam jubah malam
Menuju kediaman yang asing dan menakutkan
Di sela-sela bayang hitam pohonan dan karang
Yang mengirim hantu-hantu dan mambang

Di langit bulan melolong sendirian
Bersama kelelawar liar dan burung-burung malam
Angin dan api berjilatan di dada hampa
Mendeburkan syahwat di geliat ombak
Dan ketiadaan diri. Lantas
Mengabadikan sepi pada pahatan-pahatan cinta
Yang mengkristal jauh di lubuk hati

2007

MALAIKAT

Mentang-mentang punya sayap
Malaikat begitu nyinyir dan cerewet
Ia berlagak sebagai makhluk baik
Tapi juga galak dan usil
Ia meniup-niupkan wahyu
Dan maut
Ke saban penjuru.

2007

PENYAIR

Menerjuni kabut
Cahaya berjatuhan
Dari langit syahwatku
Kata-kata pun berseliweran
Bagai bus dan angkot cari muatan
Sementara aku adalah sopir
Sekaligus penumpang yang keringatan
Seharian.

2007

SAEFUL BADAR, lahir di Tasikmalaya. Menulis puisi dalam bahasa Indonesia dan Sunda. Karya-karyanya dipublikasikan di berbagai media. Buku puisinya yang telah terbit Notasi-Notasi Kecil (FSB, 1997) dan Epigram untuk Soeharto (SST, 2001). Karya-karya lain terhimpun dalam beberapa antologi bersama, yang terbit di Tasikmalaya, Bandung, dan Yogyakarta. Antara lain Cermin Alam (Taman Budaya Jawa Barat, 1997), Gerbong (Antologi cerpen dan puisi Indonesia Modern, Yayasan Cempaka Kencana Yogyakarta, 1998), Heulang Nu Ngajak Bengbat (Kiblat Buku Utama), Poligami (SST, 2003), Orasi Kue Serabi (GKT, 2001). Hingga kini bersetia mengelola Sanggar Sastra Tasik (SST), di samping aktif pula di Komunitas Azan.***



Pernyataan DDII Jawa Barat

PADA lembaran budaya "Khazanah" Pikiran Rakyat 4 Agustus 2007, telah dimuat sajak karya Saeful Badar, berjudul "Malaikat". Setelah membaca sajak tersebut, menimbang serta menilai dari berbagai sudut dan aspek, serta demi mencegah terulangnya kasus serupa pada masa mendatang, maka dengan ini kami berpendapat.

  1. Sajak berjudul "Malaikat" karya Saeful Badar tersebut, jauh dari nilai estetika seni sastra, sekaligus tidak mengandung etika penghormatan terhadap agama, khususnya agama Islam. Oleh karena itu, sajak tersebut dapat dikategorikan menghina agama, khususnya Islam.

  1. Jika penulisan dan pemuatan sajak tersebut dilakukan tanpa ada maksud melecehkan Islam, hal itu mengindikasikan "kebodohan" penulis dan redaktur tentang konsep malaikat dalam agama-agama samawi, khususnya Islam.

  1. Jika penulisan dan pemuatan sajak tersebut dilakukan dengan sengaja untuk memancing amarah umat Islam dan menista ajaran Islam, tindakan tersebut serupa dengan apa yang dilakukan para penista Islam, seperti kasus Salman Rushdie dengan novel "Ayat-ayat Setan", koran Jylland-Posten Denmark dengan karikatur Nabi Muhammad saw., dan kasus-kasus lainnya yang dinilai melecehkan Islam dan kaum Muslimin.

  1. Menerima permohonan maaf pihak Pikiran Rakyat seperti dimuat di halaman I "PR" edisi Selasa, 6 Agustus 2007, juga mengapresiasi tindakan Redaksi "PR" yang segera menyatakan pencabutan sajak tersebut dan menganggapnya tidak pernah ada.

  1. Kami menganggap permohonan maaf saja tidak cukup, karena ini menyangkut akidah Islam, sehingga harus ada tindakan lebih jauh, seperti klarifikasi tentang sosok malaikat yang sebenarnya, sekaligus meng-counter opini yang dibangun penulis sajak lewat judul sajak "Malaikat" yang telanjur dipublikasikan.

  1. Menuntut Pikiran Rakyat melakukan tindakan setimpal, baik terhadap penulis sajak itu, maupun redaktur yang memuatkannya, berupa mem-black list Sdr. Saeful Badar atau mencekalnya dari daftar kontributor sajak "PR", sehingga ia minta maaf secara terbuka kepada umat Islam atas kekhilafannya.

  1. Dalam konsep ajaran Islam, Malaikat adalah satu dari sekian banyak makhluk ciptaan Allah SWT yang mendapat keistimewaan tersendiri. Mereka merupakan makhluk rohani bersifat gaib, tercipta dari cahaya (nur), selalu tunduk patuh, taat, dan tak pernah ingkar kepada Allah SWT. Malaikat menghabiskan waktu siang-malam untuk mengabdi kepada Allah SWT. Mereka tidak pernah berbuat dosa dan tidak pernah mengerjakan apa pun atas inisiatif sendiri, selain menjalankan titah kuasa perintah Allah SWT semata. Mereka diciptakan Allah SWT dengan tugas-tugas tertentu.

  1. Bagi umat Islam, percaya (iman) kepada Malaikat, adalah bagian dari rukun Iman yang enam, di samping iman kepada Allah, Rasul-rasul Allah, Kitab-kitab Allah, Qodlo-Qodar (takdir), dan hari akhir. Iman kepada Malaikat menjadi bagian terpenting dari tauhid (mengesakan Allah) dan membebaskan manusia dari syirik (menyekutukan Allah).

  1. Dengan demikian, bagi umat Islam, Malaikat bukan sosok yang bisa dipermainkan atau diolok-olok, baik oleh ucapan, kalimat, maupun tindakan, oleh seorang penyair, sekalipun atas nama kebebasan berekspresi.

  1. Mengharapkan Redaksi "PR", penyair, dan masyarakat pada umumnya, untuk berhati-hati dalam berkarya, menulis, ataupun tindakan lain yang dapat dinilai menista agama, dan menyinggung keyakinan umat Islam.

Mahasuci Allah yang telah menciptakan Malaikat dengan segala kesucian dan ketakwaannya, dari segala cercaan dan penyipatan batil manusia tak bertanggung jawab.

H.M. Daud Gunawan
Wakil Ketua Umum
Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia- Jawa Barat


Dari Redaks Pikiran Rakyat

Terima kasih. Kami telah memohon maaf atas pemuatan sajak tersebut pada peneribtan "PR" 6 Agustus 2007 halaman 1 dan menyatakan bahwa sajak tersebut dicabut dan dianggap tidak pernah ada.

Permohonan Maaf dan Penyesalan Saeful Badar

MEMBACA permohonan maaf Pikiran Rakyat (Senin, 6 Agustus 2007) atas pemuatan puisi saya berjudul "Malaikat" yang dimuat lembar budaya "Khazanah", Sabtu, 4 Agustus 2007 yang mendapat reaksi keras dari kalangan aktivis dan ormas Islam, saya telah dibuat merenung dan kemudian menyadari bahwa saya telah melakukan suatu kekhilafan dengan membuat puisi seperti itu.

Meski sebetulnya adalah hak dan kewenangan Redaksi "PR" untuk memuat atau tidak memuat setiap puisi yang dikirimkan, (dan sebetulnya saya telah mengirimkan beberapa puisi lain sebagai pilihan untuk dimuat), sebagai penulisnya, saya juga tidak hendak menyalahkan Redaksi. Karena ini adalah kekhilafan dan kesalahan besar yang telah saya lakukan sepanjang karier kepenyairan saya.

Untuk itu, dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya dan setulus-tulusnya atas kekhilafan ini. Apa yang telah saya tulis di puisi tersebut merupakan bentuk kedhaifan saya sebagai manusia dalam menginterpretasikan gagasan dan imajinasi tentang malaikat. Sama sekali, tak terbersit niatan untuk menghina apalagi melecehkan. Sebetulnya sebagai umat Islam, saya yakini pula bahwa malaikat itu sebagai makhluk Allah SWT yang sangat suci dan mulia. Saya tidak hendak berkilah lebih lanjut tentang hal ini, sebab kesalahan itu memang nyata telah saya lakukan. Oleh karenanya, saya merasa menyesal telah melakukan itu.

Adanya reaksi keras atas puisi tersebut, sangat-sangat saya pahami, dan hal itu saya terima sebagai satu teguran yang meski datangnya dari saudara-saudara saya para aktivis umat Islam, namun hakikatnya adalah dari Allah SWT. Insya Allah, kejadian ini akan senantiasa saya ingat sepanjang sisa hidup saya, dan akan saya ambil hikmahnya, agar kapan pun di kemudian hari, saya tidak melakukan kesalahan serupa. Seraya memohon ampunan kepada Allah SWT, sekali lagi saya memohon maaf yang sebesar-besarnya dan setulus-tulusnya dari saudara-saudara saya sesama umat Islam, baik yang berada di Bandung dan daerah-daerah lainnya di Jawa Barat maupun yang berada di mana pun di permukaan bumi ini. Atas perhatian dan maaf yang diberikan untuk kesalahan saya ini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Kepada Redaksi "PR" saya juga mohon maaf dan terima kasih atas dimuatnya surat ini.

Saeful Badar
Tasikmalaya 46122

2 comments:

  1. MEMANG MEMBINGUNGKAN, malaikat disini hanyalah sekedar ungkapan sajak. Bagi yang tidak pernah paham puisi atau berlagak suka menafsirkan tentang apa yang samasekali tidak diketahuinya, sungguh lebih dungu daripada keledai yang lebih bodoh di padang rumput.

    Sesungguhnya persoalan ini telah dipolitisir untuk segelintir kepentingan tertentu. Dan Saeful Badar yang jadi korbannya.

    Kepada kalian yang sok suci dengan mengatasnamakan agama namun bertampang kayak preman, segeralah mengaji diri. Siapakah yang bodoh? Bahasa puisi adalah kiasan. Mungkin saja malaikat disini dimaksudkan kepada orang-orang yang mudah mengambil kesimpulan secara serampangan seperti salah satu tulisan di atas. Gampang marah dan sok suci......
    (Ust.Rohmat Jibril_Tebu Ireng)

    ReplyDelete
  2. MEMANG MEMBINGUNGKAN, malaikat disini hanyalah sekedar ungkapan sajak. Bagi yang tidak pernah paham puisi atau berlagak suka menafsirkan tentang apa yang samasekali tidak diketahuinya, sungguh lebih dungu daripada keledai yang lebih bodoh di padang rumput.

    Sesungguhnya persoalan ini telah dipolitisir untuk segelintir kepentingan tertentu. Dan Saeful Badar yang jadi korbannya.

    Kepada kalian yang sok suci dengan mengatasnamakan agama namun bertampang kayak preman, segeralah mengaji diri. Siapakah yang bodoh? Bahasa puisi adalah kiasan. Mungkin saja malaikat disini dimaksudkan kepada orang-orang yang mudah mengambil kesimpulan secara serampangan seperti salah satu tulisan di atas. Gampang marah dan sok suci......

    Aku berlindung kepada Alloh Swt. Semoga dijaga tingkahku dan segala ucapanku dari perbuatan hina dan mungkar. Amin.
    (Ust.Rohmat Jibril_Tebu Ireng)

    ReplyDelete